This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 27 Mei 2011

10 Kapal Hantu

10. The Caleuche

Salah satu yang paling terkenal legenda dari mitologi Chilota Chili selatan menggambarkan Caleuche, sebuah kapal hantu yang muncul setiap malam di dekat pulau Chiloe. Menurut legenda setempat, kapal adalah semacam layar keadaan sadar bahwa perairan sekitar wilayah tersebut, membawa bersamanya semangat semua orang yang telah tenggelam di laut. Ketika melihat, yang Caleuche dikatakan menyolok indah dan cerah, dan selalu disertai oleh partai suara musik dan orang-orang tertawa. Setelah muncul selama beberapa saat, kapal itu kemudian berkata kepada menghilang atau menenggelamkan diri di bawah air. Menurut Chilota mitologi, roh-roh yang tenggelam dipanggil ke kapal oleh Sirena Chilota, yang Pincoya, dan Picoy, tiga Chilota “air roh” yang mirip dengan putri duyung. Setelah kapal kapal hantu, yang tenggelam dikatakan untuk dapat melanjutkan kehidupan mereka seperti sebelum mereka mati.

9. The SS Valencia

SS Valencia itu kapal kapal yang tenggelam di lepas pantai Vancouver, British Columbia pada tahun 1906. Kapal itu mengalami cuaca buruk di dekat Cape Mendocino, dan setelah hanyut Tentu saja, menabrak karang dan mulai mengambil air. Awak segera mulai menurunkan sekoci memegang 108 penumpang kapal ke dalam air, tetapi beberapa terbalik ini, dan satu saja menghilang. Di Valencia akhirnya tenggelam, dan hanya 37 dari sekitar 180 orang di kapal selamat. Lima bulan kemudian, seorang nelayan mengklaim dia telah menemukan kehidupan rakit dengan 8 kerangka di dalam sebuah gua dekat. Pencarian diluncurkan, tapi tidak menemukan apa pun. Berkat dramatis akhirnya, Valencia akhirnya menjadi sumber berbagai kisah kapal hantu. Pelaut akan sering mengklaim mereka bisa melihat hantu dari kapal uap melayang dekat karang di Pachena Point, dan sampai hari ini kapal adalah sumber teori dan sering liar penampakan kapal hantu. Dalam aneh, 27 tahun setelah tenggelamnya Valencia, salah satu rakit itu ditemukan mengambang dengan tenang di dekat Barkley Sound. The “hantu rakit” itu dikatakan berada dalam kondisi luar biasa, dan bahkan masih memiliki sebagian besar lapisan cat asli.

8. The Ourang Medan

Cerita tentang Medan Ourang dimulai pada tahun 1947, ketika dua kapal Amerika menerima panggilan darurat saat menavigasi Selat Malaka, lepas pantai Malaysia. Si penelepon memperkenalkan diri sebagai anggota awak Ourang Medan, sebuah kapal Belanda, dan seharusnya menyatakan bahwa kapten kapal dan awak semua mati atau sekarat. Pesan menjadi campur aduk dan aneh sebelum melemah dan berakhir dengan kata-kata: “aku mati.” Kapal-kapal cepat berlari ke tempat kejadian untuk membantu. Ketika mereka tiba, mereka menemukan bahwa Ourang Medan tidak mengalami kerusakan, tetapi bahwa seluruh awak kapal, bahkan anjing-sudah mati, tubuh dan wajah mereka terkunci dalam pose dan ekspresi ketakutan, dan banyak menunjuk pada sesuatu yang tidak ada di sana. Sebelum para penyelamat dapat menyelidiki lebih lanjut, kapal misterius terbakar, dan mereka harus mengungsi. Segera setelah itu, Medan Ourang dikatakan telah meledak dan kemudian tenggelam. Sementara rincian dan keseluruhan kebenaran dari kisah Medan Ourang masih banyak diperdebatkan, ada beberapa teori yang diusulkan mengenai apa yang mungkin telah menyebabkan kematian para awak kapal. Yang paling populer ini adalah bahwa kapal itu secara ilegal mengangkut nitrogliserin atau semacam ilegal agen saraf, yang tidak benar aman dan merembes keluar ke udara. Lain, sementara itu, telah menelan kapal itu menjadi korban serangan UFO atau beberapa jenis acara paranormal.

7. The Carroll A. Deering

Mungkin yang paling terkenal kapal hantu dari pesisir Timur adalah Carroll A. Deering, sebuah sekunar yang kandas di dekat Tanjung Hatteras, North Carolina pada tahun 1921. Kapal baru saja kembali dari perjalanan komersial untuk memberikan batubara di Amerika Selatan, dan itu terakhir kali terlihat di selatan Hatteras oleh sebuah kapal suar di dekat Cape Lookout. Itu kandas di Diamond terkenal Shoals, sebuah wilayah yang terkenal akan menyebabkan bangkai kapal, dan duduk di sana selama beberapa hari sebelum bantuan apa pun bisa mencapainya. Ketika mereka tiba, Coast Guard menemukan bahwa kapal itu sepenuhnya ditinggalkan. Peralatan navigasi dan buku catatan hilang, seperti juga dua sekoci, tapi selain itu tidak ada tanda-tanda apapun kecurangan. Sebuah penyelidikan besar-besaran oleh pemerintah AS diikuti, yang menemukan bahwa beberapa kapal lainnya telah menghilang secara misterius sekitar waktu yang sama. Beberapa teori diajukan akhirnya, yang paling populer adalah bahwa kapal menjadi korban bajak laut atau rumrunners. Yang lain menyarankan bahwa mungkin pemberontakan menjadi penyebab, sebagai pasangan pertama Deering dikenal untuk menanggung sebagian permusuhan terhadap para Kapten, tapi tidak ada bukti bahkan telah ditemukan. Misteri kapal hantu yang mengelilingi telah mendorong spekulasi liar, dan banyak yang berpendapat bahwa kegiatan paranormal mungkin telah bertanggung jawab, yang mengutip bagian kapal melalui segitiga bermuda yang terkenal sebagai bukti bahwa semacam fenomena dunia lain mungkin untuk disalahkan.

6. The Baychimo

Salah satu kasus yang paling menakjubkan dari kehidupan nyata mengenai kapal hantu Baychimo, sebuah kapal kargo yang ditinggalkan dan dibiarkan melayang di dekat laut Alaska selama hampir empat puluh tahun. Kapal ini dimiliki oleh Perusahaan Teluk Hudson, dan diluncurkan pada awal 1920-an dan digunakan untuk perdagangan pelts dan bulu dengan Inuit di utara Kanada. Tapi di tahun 1931, Baychimo menjadi terperangkap dalam kemasan es dekat Alaska, dan setelah banyak usaha untuk melanggarnya gratis, para kru akhirnya diterbangkan keluar dari daerah ke tempat yang aman. Setelah badai salju yang berat, kapal berhasil melepaskan diri dari es, tapi itu rusak parah dan ditinggalkan oleh Perusahaan Teluk Hudson, yang beranggapan itu tidak akan berlangsung musim dingin. Herannya, Baychimo berhasil tetap bertahan, dan selama 38 tahun, itu tetap terapung di perairan Alaska. Kapal menjadi semacam legenda setempat, dan sering terlihat mengambang tanpa tujuan di dekat paket es yang membeku oleh Eskimo dan kapal lain. Saat itu naik beberapa kali, tapi kondisi cuaca selalu membuat menyelamatkan hampir mustahil. The Baychimo ini terakhir terlihat pada tahun 1969, sekali lagi membeku di dalam es dari Alaska, tetapi sejak itu menghilang. Kapal diyakini telah tenggelam di tahun-tahun, namun baru-baru ini beberapa ekspedisi telah diluncurkan dalam mencari sekarang hampir 80 tahun hantu kapal.

5. The Octavius

Walaupun sekarang dianggap lebih legenda daripada apa pun, cerita tentang Octavius tetap salah satu yang paling terkenal dari semua cerita kapal hantu. Cerita tanggal kembali ke 1775, ketika dikatakan bahwa sebuah kapal penangkap ikan paus yang disebut Herald sengaja menemukan Octavius mengambang tanpa tujuan di lepas pantai Greenland. Crewmembers dari Herald naik Octavius, di mana mereka menemukan tubuh para awak dan penumpang semua beku oleh dingin arktik. Paling menonjol, para kru menemukan kapten kapal masih duduk di mejanya, pertengahan menyelesaikan sebuah entri log dari 1762, yang berarti telah Octavius terapung selama 13 tahun. Menurut legenda, ia akhirnya menemukan bahwa sang kapten telah mempertaruhkan untuk membuat cepat kembali ke Inggris dari Timur melalui Northwest Passage, tetapi bahwa kapal telah menjadi terperangkap di dalam es. Jika benar, ini akan berarti Octavius telah menyelesaikan bagian ke Atlantik sebagai hantu kapal, para awak dan kapten lama mati terekspos sampai unsur.

4. The Joyita

The Joyita adalah seorang nelayan dan perahu sewaan yang ditemukan ditinggalkan di Pasifik Selatan pada tahun 1955. Kapal, bersama dengan 25 penumpang dan awak, sedang dalam perjalanan ke Kepulauan Tokelau ketika sesuatu terjadi, dan tidak sampai jam kemudian bahwa Joyita terlambat dilaporkan dan upaya penyelamatan diluncurkan. Sebuah pencarian udara besar-besaran dilakukan, tapi gagal menemukan kapal yang hilang, dan tidak sampai lima minggu kemudian bahwa kapal dagang tersandung atas Joyita hanyut sekitar 600 mil dari aslinya saja. Tidak ada tanda-tanda dari penumpang, kru, kargo, atau kehidupan rakit, dan kapal itu rusak dan daftar cukup parah ke satu sisi. Pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak yang berwenang menemukan bahwa radio kapal disetel untuk tanda bahaya universal, dan pencarian dari geladak menemukan tas dokter dan beberapa perban berdarah. Tak satu pun dari awak atau penumpang yang pernah terlihat lagi, dan misteri dari apa yang terjadi belum pernah terungkap. Teori yang paling populer adalah bahwa membunuh bajak laut penumpang dan melemparkan tubuh mereka ke laut, tapi klaim lain termasuk segala sesuatu dari pemberontakan dan penculikan penipuan asuransi.

3. The Lady Lovibond

Inggris memiliki tradisi panjang legenda tentang hantu kapal, dan Lady Lovibond ini mungkin yang paling terkenal. Sebagai jalan ceritanya, Lady Lovibond kapten, Simon Peel, baru saja menikah, dan memutuskan untuk membawa kapal di atas sebuah kapal pesiar untuk merayakannya. Dia membawa pengantin barunya sepanjang-akan berlangsung lama pelayaran terhadap keyakinan bahwa membawa seorang wanita di papan perahu adalah nasib buruk-dan berlayar pada 13 Februari 1748. Sayangnya untuk Peel, mate pertamanya juga jatuh cinta dengan istri barunya, dan setelah menonton perayaan, orang menjadi marah dan kewalahan dengan kecemburuan dan sengaja mengarahkan perahu ke Goodwind mematikan Sands, sebuah bar pasir terkenal karena menyebabkan kecelakaan kapal. Lady Lovibond tenggelam, menewaskan semua penumpang. Sebagai legenda berjalan, sejak kecelakaan Lady Lovibond dapat dilihat berlayar di perairan sekitar Kent setiap 50 tahun. Hal ini terlihat pada tahun 1798 oleh beberapa kapten kapal yang berbeda, serta pada tahun 1848 dan 1898, ketika itu seharusnya tampak begitu nyata bahwa beberapa kapal, berpikir itu sebuah kapal dalam kesusahan, sebenarnya dikirim rakit untuk membantu itu. Lady Lovibond kembali terlihat pada tahun 1948, dan sementara tidak ada penampakan dikonfirmasi pada tahun terakhir di tahun 1998, terus menjadi salah satu yang paling terkenal legenda kapal hantu di Eropa.

2. The Mary Celeste

Diragukan lagi yang paling terkenal dari semua kehidupan nyata hantu kapal, Mary Celeste adalah kapal dagang yang ditemukan gelandangan dan terapung-apung di Samudera Atlantik pada tahun 1872. Kapal itu dalam kondisi layak laut, dengan segala layar masih terjaga dan toko penuh makanan dalam kargo, tapi hidupnya perahu, kapten buku log dan, yang lebih penting, seluruh kru, menghilang secara misterius. Tidak ada tanda-tanda perjuangan, dan barang-barang pribadi dari kru dan kargo dari lebih dari 1500 barel alkohol tersentuh, tampaknya mengesampingkan kemungkinan pembajakan sebagai penjelasan. Pada tahun-tahun sejak penemuan aneh, sejumlah teori telah diusulkan mengenai kemungkinan nasib kru Mary Celeste. Ini termasuk bahwa mereka penumpang tewas akibat puting beliung, bahwa awak memberontak, atau bahkan makan tepung yang terkontaminasi dengan jamur membawa semua penumpang untuk berhalusinasi dan menjadi gila. Teori yang paling mungkin tetap bahwa badai atau beberapa jenis masalah teknis memimpin sebelum waktunya meninggalkan kru untuk kapal dalam sekoci, dan bahwa mereka kemudian meninggal di laut. Namun, misteri yang mengelilingi Mary Celeste telah menimbulkan banyak spekulasi liar, dan lain-lain telah mengusulkan segalanya dari hantu ke laut monster dan penculikan orang asing mungkin penjelasan.

1. The Flying Dutchman

Maritim cerita rakyat, tidak ada hantu kapal yang lebih terkenal daripada Flying Dutchman, yang telah mengilhami banyak lukisan, cerita horor, film, dan bahkan sebuah opera. Kapal pertama kali disebutkan pada akhir 1700-an di George buku pelaut Barrington’s Voyage ke Botany Bay, dan sejak itu para legenda terus tumbuh, berkat berbagai penampakan itu oleh nelayan dan pelaut. Sebagai cerita, si Flying Dutchman adalah kapal keluar dari Amsterdam yang dikapteni oleh seorang pria bernama Van der Decken. Kapal itu membuat jalan menuju Hindia Timur ketika menghadapi cuaca yang berbahaya di dekat Tanjung Harapan. Bertekad untuk persimpangan, Van der Decken seharusnya menjadi gila, membunuh pasangan yang pertama, dan bersumpah bahwa ia akan melintasi Cape, “bahkan jika Tuhan akan membiarkan aku berlayar ke Judgment Day!” Walaupun usaha terbaik, kapal tenggelam di badai, dan sebagai legenda berjalan, Van der Decken dan kapal hantu sekarang dikutuk untuk berlayar lautan untuk selama-lamanya. Sampai hari ini, Flying Dutchman yang terus menjadi salah satu yang paling berpandangan dari semua kapal hantu, dan orang-orang dari nelayan laut dalam kepada Pangeran Wales memiliki semua mengklaim telah melihatnya membuat yang tak pernah berakhir perjalanan menyeberangi lautan.

Sumber: kaskus.us

Budidaya Ikan Nila

Ikan nila adalah ikan yang hanya dapat hidup pada air hangat.
Ikan nila ini berasal dari Afrika dan diperkenalkan di Indonesia
sekitar 30 tahun oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air
Tawar (BBPBAT). Budidaya ikan nila dapat dipelihara pada kolam,
danau, sungai yang berada di desa atau luar kota yang airnya
bersih.

Jenis nila yang masuk ke Indonesia pertama kali adalah jenis
oreochromis niloticus dan nila jenis mozambigue atau lebih
dikenal dengan mujair. Jenis nila ini banyak di sebarkan oleh
BBPBAT ke seluruh tanah air.

Keuntungan dari budidaya nila adalah kemampuan untuk
bereproduksi cukup tinggi. Antara 2-3 bulan dari bibit, ikan
nila sudah dewasa dan dapat menghasilkan telur setiap bulan satu
kali. Sifat ikan nila yang cepat menghasilkan anak ikan,
menyebabkan kelebihan populasi ikan nila dalam kolam, yang
berdampak pada pertumbuhan ikan yang lambat. Hal ini dapat
dilihat bada saat panen ikan nila, ukuran ikan nila terdapat
berbagai ukuran dari ikan kecil-kecil, sedang, dan besar.

Ikan nila jantan akan terlihat lebih besar dari ikan nila betina.
Menurut BBPBAT perbedaan pertumbuhan ikan nila jantan dan nila
betina selisih 40%. Lambatnya pertumbuhan betina di karenakan
sifat alaminya untuk menghasilkan anan-anak ikan. Pada saat nila
bertelur, saat itu juga ikan nila betina tidak makan selama
kira-kira kurang dari 10 hari. Yang dilakukan oleh induk nila
betina adalah menjaga larva dalam mulutnya sampai ukuran cukup
besar untuk dibiarkan oleh induknya.


Reproduksi ini terjadi pada kolam air tanah atau kolam semen
yang airnya tenang.

Budidaya ikan nila di jaring apung dan air deras dapat
mengurangi reproduksi ikan kecil, karena proses pemijahan sulit
untuk dilakukan, sehingga telur-telur ikan nila betina akan
hanyut dan tidak adanya tempat yang tenang untuk jantan membuat
sarang dan membuahi telur-telur nila.

Untuk memproduksi nila yang cepat besar yaitu nila jantan dapat
dilakukan beberap hal:

Pertama, memisahkan anak nila jantan untuk dipersiapkan dalam
pembesaran. Hal ini tidak mudah karena tidak efesien dalam
jumlah yang banyak dan umumnya pembudidaya ikan kurang mengenal
mana jenis betina dan jantan.

Kedua, melakukan kawin silang untuk mendapatkan jenis induk yang
bisa menghasilkan anak ikan jantan. Tehnik ini dilakukan dengan
penelitian yang seksama dan ujicoba yang tidak mudah.


Memerlukan peralatan yang canggih, melalui test laboratorium
untuk mempelajari hormon XX yaitu betina dan XY jantan.

Ketiga, cara yang paling mudah dan sedikit mahal yaitu dengan
metode mengubah jenis betina menjadi jantan dengan mengunakan
hormone sex reversal pada larva ikan nila. Cara ini banyak
digunakan dalam budidaya monoculture karena dapat praktekkan
oleh siapa saja.

 

Bagaimanakah proses jantanisasi?

Proses mengubah nila menjadi jantan dapat dilakukan dengan cara
pemberian pakan mengandung hormone synthetic atau dikenal dengan
METHYLTESTOSTERONE. Hormone ini akan mengubah fisik larva ikan
betina menjadi jantan. Tehnik ini pertama dikembangkan di Jepang
pada tahun 1950 an oleh Oryzias Medakh.


Penemuan ini pertama di ujicoba pada ikan mas (Cyprinus Carpio)
dan kemudian hormon pengubah sex menjadi jantan banyak digunakan
pada ikan nila.

Pada tahun 1970-an pengunaan hormon ini meluas keseluruh dunia,
dan hanya sedikit di Indonesia yang mengunakan hormon ini karena
harga hormon sex reversal ini cukup mahal dan harus didatangkan
dari luar negeri. Namun sedikit demi sedikit penguna hormon ini
terus meningkat karena dapat memicu pertumbuhan ikan.


Bagaimana cara mengunakan hormon pembuat jantan?

Tiga langkah menyiapkan proses monokultur ikan nila:

1.
  

Siapkan induk nila jantan dan betina. 1:3 berat
induk antara 150-250 gram perekor. Pembibitan ikan nila ini
dapat dilakukan pada kolam semen atau kolam tanah dan lebih baik
jika dilakukan pada aquarium. Ketika telur ikan nila menetas,
induk betina akan menyimpan larva dalam mulutnya dan akan
membiarkan anak-anaknya setelah berumur kira-kira 7 hari.
Anak-anak ikan akan bergerombol dan sering naik ke permukaan
air, dan saat inilah penangkapan dimulai dan memindahkan ke
kolam khusus untuk persiapan pemberian pakan berhormon. Perlu
di-ingat bahwa anak-anak ikan yang akan diberi pakan berhormon
tidak lebih dari 11 hari agar hormone dapat bekerja dengan
efektive.

2.
  

pemberian pakan berhormon pada anak ikan nila
hanya selama 21 hari berturut-turut. Dapat mengunakan kolam
tanah atau kolam semen. Kolam pendederan ini tidak perlu besar,
1x1x0.5 meter agar mudah untuk pemantauan, pemindahan,
pemeliharaan.

3.
  

pakan berhormon pengubah sex dapat disiapkan
terlebih dahulu atau pesan di  ikanila.com

Minggu pertama pemberian pakan berhormon untuk 1000 ekor larva
sebanyak 30% dari berat biomassa. 1000 ekor anak ikan Rata-rata
berat 0.01 gram. Jadi pemberian pakan kira-kira 3 gram perhari,
4x pemberian pada jam 8-10 pagi dan sore jam 2-4  selama 7 hari.

Minggu kedua anak-anak ikan sudah mencapai panjang 18-22 mm.
kurangi kepadatan anak ikan dalam kolam menjadi 500 ekor
permeter persegi.


1000 ekor anak-anak ikan pada minggu kedua sudah mencapai
rata-rata berat 0.05 gram.


Pemberian pakan 25% persen dari berat biomassa, kira-kira 12.5
gram pakan. 4x sehari selama 7 hari.

Minggu ketiga anak ikan sudah mencapati 25-30 mm. kurangi lagi
kepadatan ikan dalam kolam menjadi 250 ekor permeter persegi.


Pada minggu ketiga 1000 ekor anak ikan sudah mencapai rata-rata
0.1 gram perekor.


Pemberian pakan sebanyak 20% dari total biomassa. Kira-kira 20
gram perhari selama 7 hari.

Setelah 21 hari, pemberian pakan berhormon dihentikan. Pemberian
pakan berhormon ini akan menghasilkan 97-100% anak nila jantan.
Tingkat hidup anak ikan nila mencapai 70-80 persen jika kualitas
air baik dan tempat pemeliharan baik.

Perlu diketahui, selama 21 hari anak ikan tidak boleh diberi
pakan selain pakan berhormon! Setelah 21 hari Mulailah memberi
pakan yang tidak mengandung hormone.

 

Persiapan anak ikan dibesarkan pada kolam pembesaran

Bibit ikan nila yang telah diberi hormon jika sudah mencapai
panjang 3.5-5 cm atau berat rata-rata 0.5 gram sudah boleh
ditebar pada kolam pembesaran. Sebaiknya pada pembesaran jangan
ada ikan jenis lain seperti lele, gabus atau ikan lainnya dalam
satu kolam.

Anak ikan yang diberi pakan berhormon akan bertumbuh lebih cepat
dari anak-anak ikan yang tercampur jenis kelaminnya atau yang
tidak diberi hormon.



Bagaimana Hormon

Sex Reversal Bekerja?

Hormon kelamin pada wanita dikenal dengan kromoson XX dan jantan
XY. Hormone kelamin pada manusia terdapat juga pada species
binatang. Dengan mengunakan hormone buatan anak ikan betina pada
umur tertentu dapat diubah menjadi jantan. Hal ini hanya dapat
dilakukan pada anak ikan di bawah 10 hari. Ikan yang memakan
pakan yang dicampur dengan hormone 17 alpha methyltestosterone
dapat mengubah dari XX menjadi XY. Sedangkan ikan XY atau jantan
akan tetap jantan dan tidak dapat diubah lagi.

Pengubahan sex jantan pada ikan bertujuan untuk mengendalikan
populasi perkembangbiakan ikan dalam satu kolam.


Reproduksi anak-anak ikan yang tidak teratur akan berdampak pada
menurunnya  pertumbuhan ikan. Dengan mengunakan hormon pengubah
sex menjadi jantan pertumbuhan ikan akan lebih cepat karena
jantan lebih unggul dari betina.


Bagaimana membuat pakan berhormon sex buatan?

Pakan ikan pengubah sex buatan atau sex reversal dapat dibuat
dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1.
         

Larutkan 3 gram 17 alpha methyltestosterone
dengan mengunakan alcohol etil 95% sebanyak 200 cc untuk
mencairkan butiran hormone.

2.
         

siapkan 1 kg pakan anak ikan yang halus sperti
tepung. Campurkan pakan pada larutan hormone secara merata.

3.
         

keringkan pakan yang sudah dicampur dengan
hormone agar alkoholnya menguap. Jangan mengunakan cahaya
matahari. Keringkan selama semalam dalam ruangan.


4.
         

jika pakan sudah kering, masukkan kedalam wadah
yang tertutup rapat.

5.
         

pakan berhormon ini sudah dapat digunakan dalam
30 hari mendatang.

 

Apakah mengunakan pakan berhormon bernilai ekonomis?

Kurang dari 8 Rupian untuk setiap ekor ikan mengunakan hormon.
Bibit ikan nila ukuran 0.5 gram atau panjang 35-5 cm di pasarkan
dengan harga Rp. 200-300 perekor. Sedangkan bibit ikan yang
diberi hormone dijual dengan harta yang lebih tinggi dihargai
350-500 perekor. 


Apakah ikan yang mengunakan hormone aman?

Studi menunjukkan setelah 5 hari berhenti dari pemberian pakan
berhormon ikan nila jantan tidak mengandung kimiawi yang
membahayakan manusia. Dan setelah beberapa bulan sampai ikan
dapat dikonsumsi, konsumen dijamin betul-betul aman untuk
memakan ikan nila hasil jantanisasi.
Ikan nila  kebanyakan hanya bisa hidup di daerah tropis seperti
Indonesia. Akan tetapi di Negara empat musim juga membudidaya
ikan nila dengan cara moderen. System pengairan mengunakan
heater pada musim dingin.
Mengenal dan mengetahui pengetahuan
dasar budidaya ikan nila;
-       

ikan nila betina bertelur antara 2000-2500 ekor tergantung besar
kecil induk. Tingkat hidup bergantung pada kualitas air dan pakan yang
diberikan.
Ikan nila bertelur pada kisaran empat sampai enam (4-6) minggu
atau bisa lebih cepat jika benih ikan sudah dilepas oleh induknya.
-       

Telur ikan nila yang akan menjadi larva disimpan dalam mulut
induk nila. Telur ikan nila akan menetas antara lima sampai tujuh (5-7)
hari. Setelah menetas atau menjadi larva induk nila akan mengawasi anak
ikan dengan mulutnya.
-       

Perbandingan perkawinan nila jantan dan bertina; 1:3 dalam setiap
meter persegi masukan empat sampai lima pasang pasang induk nila, (5
jantan dan 20 nila betina) permeter persegi.
-       

Temperature budidaya ikan nila sebaiknya 25°C-31°C untuk
pemijahan.
-       

Temperature dibawah 13°C ikan nila akan mati.
-       

Temperature antara 15°C-20°C ikan nila lambat membesar. 22°C-31°C ikan nila akan bertumbuh dengan cepat karena suhu seperti itu akan
membuat ikan nila suka makan.
-       

Produksi ikan nila persetengah hektar berkisar 2-3 ton.
-       

Pakan nila berupa pellet tengelam dan pellet apung sebanyak 3.5
ton
-       

Nila konsumsi berat antara 200 gr. Sampai 800 gr. Perekor
tergantung permintaan konsumen dan pasar.
-       

Makanan ikan nila mengandung protein 25-30 persen dan lemak 6-8
persen.
Sekedar hobby, atau untuk makan, atau untuk
menjadikan sumber penghasilan tambahan. ikan nila merupakan potensial
yang dapat dilirik oleh siapa saja yang ingin mengelutinya, Pendapatan
 yang lumayan jika dikelolah dengan baik. Selain daerah yang mendukung
seperti air, ketersedian pakan juga sangat memungkinkan disetiap wilayah
Indonesia yang kaya ini. Jadi, andapun pasti bisa
membudidaya ikan nila
dengan sedikit mengenal cara membesarkan ikan nila.

daftar harga CDI unlimiter

CDI Unlimiter,sudah banyak orang penggila kecepatan yang mencarinya demi menaikan  limiter lebih tinggi. Dulu hanya sedikit sekali pilihan CDI Unlimiter, kebanyakan produsen dari luar negeri,jika ada juga harganya selangit,mahalnya minta meong.namun seiring perkembangan teknologi,produsen lokal mampu membuat CDI Unlimiter dan kini banyak yang memakainya,tak hanya pasar lokal,pasar internasional pun mengakui bahwa CDI dari Indonesia kualitasnya tidak kalah dengan CDI Unlimiter buatan luar negeri.

1. Rextor type DC Pro Drag (3jt)
2. Rextor Monster (2,5jt)
3. Rextor Limited Edition (1jt)
4. Rextor Programable ( 1,5jt)
5. Rextor GRM Seriesr AC (2jt)
6. Rextor Extreem Series ( 1 jt)
7. Rextor Street performance (550rb)
8. Box Black Colour TDR (750rb)
9. Racing Box (tune up-rpm) (2,5jt)
10. Racing New Edition TDR (800rb-1,2 jt)
11. BRT I-max remote (1,1jt)
12. BRT Hyperband (350rb-500rb)
13. BRT Dualband (400rb-550rb)
14. BRT Smart click (600rb-650rb)
15. BRT master chip (1 jt)
16. vortex (5,5jt)
17. TK (350rb)
18. Ciomas (850rb)
19. BRT neo hyperband (350rb-500rb)
20. BRT neo Dualband (400rb-550rb)
21. BRT neo Smart click (600rb-650rb)
22. BRT Midi (550rb)
23. Varro (250rb)

keterangan :
no. 1-7 programable,pengapian bisa dseting per 100rpm melalui laptop
no 11 programable dengan 8 set up kurva pengapian melalui remote
no 13. 2 kurva pengapian,bisa 22nya aktif atau bisa disaat2 tertentu dengan bantuan stop kontak,akan ada seperti booster tenaga diputaran atas.
no 14, pengapian bisa disetel melalui clikan yang ada di CDI
no 15, memory yang bisa diubah tergantung dari trek yang akan dilalui.
no 16, programable, pengapian bisa diseting melalui laptop,pengapian bisa diubah per 100rpm
n0 19-21, sama dengan dari no 12-14,bedanya ada diindikator blue eyes yang membantu pengguna apabila tegangan aki kurang dari 12 volt dan kiprok ada masalah atau menggunkan kiprok palsu bin imitasi.

kurva itu maksudnya kurva pengapian,fungsinya mengatur kapan busi memercikan bunga api dan di berapa derajat.bagi yang bisa diprogram kurva pengapiannya itu agar bisa mendapatkan pembakaran yang sempurna didalam ruang bakar sehingga akan didapat juga tenaga optimal dari kendaraan anda.ujung-ujungnya anda bisa hemat bbm, tenaga yang keluar optimal
segitu aja tambahan dari ane.moga bermanfaat dan membantu.

harga busi racing


Maraknya event balap motor di Indonesia, ikut membawa angin segar produsen busi. Ya! Peranti pemantik api di ruang bakar ini, mengalami peningkatan penjualan. Apalagi tipe busi racing dan tipe busi di atas busi standar.
“Selama ini sih memang begitu. Terlebih untuk tipe busi iridium dan platinum. Kedua tipe busi ini lumayan banyak dicari,” ujar Sugeng, dari Cineng Motor di Jl. HOS Cokroaminoto, No. 8C, Kreo, Ciledug, Tangerang.
Malah menurut Sugeng, konsumen yang beli juga belum tentu dipakai untuk di motor balap. Tapi bisa juga dipakai harian. Tentu dengan harapan, pengapian di motor bisa mengail performa lebih bagus lagi.
Padahal kalau bicara harga, khususnya untuk tipe busi iridium, punya harga jual yang enggak murah. Ya, busi ini dipasaran dijual dengan banderol sekitar Rp 85 ribuan. Begitunya tetap banyak diminati.
Menurutnya lagi, dari banyaknya tipe busi dan motor, ada empat varian busi yang lebih cepat laku dijual. “Yaitu, untuk Honda CBR 150, Kawasaki Ninja 250R, Suzuki Satria F-150 dan skubek,” timpal pria ramah itu.
Naiknya penjualan kedua tipe busi itu juga dapat tanggapan dari Peter Dionisius. “Memang betul. Iridium dan platinum cukup diminati. Mungkin karena imagenya yang kerap dipakai untuk di motor balap dan punya pengapian yang lebih fokus,” ujar pria yang jabat sebagai Product Development & Promotion, PT. Autochem Industry, distributor busi merek Autolite dari Amerika Serikat.
Sip!
TABEL HARGA
NGK Platinum : Rp 22.500
NGK Iridium : Rp 85.000
G-Power : Rp 85.000
Denso Iridium : Rp 85.000
Splitfire : Rp 30.000
Magnum : Rp 21.000
Autolite Iridium
Autolite Dobel : Rp 85.000
platinum : Rp 50.000
Autolite Racing : RP 50.000
TDR Ballistic : Rp 25.000

Sumber : Motorplus Online
Rata-rata harga busi iridium baik merk Denso maupun NGK adalah Rp 90 ribuan. Untuk Platinum rata-rata Rp 25 ribua

Tips modifikasi motor untuk pemula


Banyak di antara kita yang suka modifikasi motor (modif), namun banyak pula yang tidak. Rata-rata yang mengaku suka malah menjadikan hobi. Bahkan banyak pula yang akhirnya jadi maniak modif. Sebaliknya, yang tidak senang modif menganggap modif berbahaya dan menimbulkan biaya lebih (boros).
Nyatanya, hampir-hampir semua motor sudah mengalami modifikasi sedikit atau banyak. Mungkin orang tidak menyadari telah melakukan modif karena tampilan motor masih standar. Padahal sejumlah item telah mengalami perubahan. Ganti busi yang lebih kuat, ganti stang yang lebih nyaman, ganti model lampu yang lebih cakep dan terang adalah modif sederhana.
Karena itu, yang penting dari modifikasi adalah tujuan dan fungsinya. Tujuan modifikasi yang baik adalah meningkatkan kinerja dan tampilan motor sehingga lebih aman, nyaman, cepat, dan gaya.
Lebih aman karena modifikasi yang baik akan menggunakan alat yang biasanya after market atau limbah copotan motor import yang kualitasnya lebih baik. Lebih cepat karena dengan modifikasi, baik kapasitas mesin bisa dimaksimalkan, atau kemampuan pengendalian (handling) lebih dioptimalkan. Nah, terutama ini: lebih gaya. Dengan modif, tampilan standar ga lagi culun. Perpaduan berbagai asesori maupun piranti body, ajrutan, cat, dsb, bisa membuat motor benar-benar menarik: lebih macho atau manis, tergantung selera.
Tentu saja modif butuh biaya. Tapi seperti slogan lama “there is
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi76uoQFSCpr0OwENk0AVxCOtPh4Vhc58kmscgJmCFMCmV2oOYhwqV_sbdwValhX4PQfGmrsdBwWMQ7skisiqH73VQLoffPW8xZJu1aUWEHPtXkfwYcCexe91Ln5J8nS3eD_68Y37vfzRk/s1600/modifikasi+tiger.jpg
something money can’t buy”. Kepuasan adalah segalanya….
So, kata kuncinya adalah modif ringan, sedang, berat, dan ekstrem. Tinggal pilih sesuai selera dan kantong.
Siapa yang tidak kepincut dengan motor modif ala MV Agusta F4+Yamaha R1 di edisi ini? Jika Anda tertarik modif, mulailah sekarang. Tapi awas, sekali mencoba takkan berakhir sampai motor dijual.
Silahkan mencoba!
Contoh modifikasi edisi ini:
Model: MV Agusta F4+Yamaha R1
Aliran: Sport
Motor: Tiger 2000
Sok depan: Up-side down eks Cagiva Mito
Swingarm: Honda CBR400
Disk depan: Yamaha TZR125
Pelek dpn: Yamaha TZR125, 2,75-17
Pelek blkg: Yamaha TZR125, 3,50-17
Ban: Battlax, 100/80-17, 130/70-17
Footstep: Kawasaki Ninja
Knalpot: Karbon
Properti: Abrar Fitra

Tips Modifikasi Motor Simple, Hemat tapi Performa Motor Bagus


Memiliki sepeda motor dengan performa yang sedikit lebih oke untuk digunakan sehari-hari adalah idaman sebagian orang. Karena itu memodifikasi motor adalah hal yang tidak terelakkan demi memperoleh kepercayaan diri dan kenyamanan yang merupakan alasan orang melakukan hal tersebut.
Namun me modifikasi motor bukanlah hal yang mudah mengingat biaya yang dibutuhkan cukup besar. Tapi jika dorongan hati untuk melakukan hal tersebut demikian kuat, berikut beberapa komponen yang dapat diganti agar dengan biaya yang relatif lebih murah Anda pun tetap bias meningkatkan performa si kuda besi.
1. Mengganti knalpot
Sebagai langkah awal Anda bisa mengganti knalpot standar dengan knalpot racing atau free flow. Knalpot jenis ini memiliki jumlah sekat yang lebih sedikit di dalamnya sehingga hambatan angin di dalam mesin akan berkurang dan otomatis membuat lajumotor lebih bertenaga. Sesuaikan kapasitas motor dengan yang akan dipasang nantinya agar modifikasi ini bisa dirasakan lebih maksimal. Anda bisa bertanya pada penjual atau mereka yang lebih paham untuk urusan yang satu ini, meski sekarang sudah ada merek-merek knalpot yang mampu men-supportmotor tertentu. Satu hal yang harus diperhatikan adalah untuk tidak tergiur dengan penampilan luar knalpot.
2. Memperbesar setelan spuyer dan main jet.
Langkah ini harus dilakukan jika knalpot baru sudah terpasang. Kalau tidak usaha untuk meningkatkan performa motor menjadi sia-sia belaka. Karena kedua alat ini berfungsi untuk mengatur suplai bensin. Aturlah spuyer dan main jet sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan Anda. makin besar setelannya semakin besar juga ia akan memakan bensin.
3. Mengganti Gir.
Ini adalah langkah lain yang bisa dilakukan baik itu gir depan maupun gir belakang. Dengan prinsip sama seperti sepeda. Bagi Anda yang ingin ‘tarikan’ yang panjang saat melaju gir belakang berukuran kecil. Misalnya dengan komposisi 33-14 bisa digunakan.
4. Gas Spontan.
Ini adalah langkah paling sederhana yang bias dilakukan. Dengan alat ini Anda tidak perlu mengayun gas dalam-dalam karena dengan diameter yang lebih besar pada gas spontan, ayunan sedikit saja susah membuat putaran mesin menjadi tinggi.

Tips Merawat MIO


Sejak diluncurkan pada 2003, Yamaha Mio sukses memegang pasar matik nasional dengan peredaran melebihi 700ribu. Awalnya diprediksi jadi ikon motor perempuan, namun disuka pula tak kurang dari 50 persen kaum laki-laki. Kemudahan operasional, dimensi kecil serta bentuk yang up to date jadi kunci sukses matic 113,7 cc ini. Terlepas dari itu semua, beragam tips harian bisa dilakoni dewe loh. Simak yuk A-Z tips hariannya :
1. Perpanjangan Umur Pakai V-BELT :Sejatinya V-Belt kudu rutin diganti setiap pemakaian 15 ribu km, namun nggak jarang sebelum angka tersebut, V-Belt terpaksa diganti karena udah terkikis atau melar yang banyak disebabkan oleh kelalaian perawatan. Alangkah lebih bijak jika kamu rutin membersihkan filter penyaring debu di cover CVT. Hanya dengan pembersihan bensin, kotoran debu yang sering mengakibatkan V-Belt selip bisa dihilangkan dengan cepat.
2. Cek Kandungan Oil-Air Box Filter Karbu : Setiap box filter karbu Mio selalu dilengkapi detektor air dan oli. Lewat detektor berbahan karet transparan ini, kamu bisa melakukan pengecekan apakah box filter Karbu Mio kamu dipenuhi oli ataupun air. Jika jawabannya ya, segera bongkar dan bersihkan box filter karbu. Biaya & Lama Pengerjaan :Rp. 5 Ribu & 15 menit Perlengkapan :Bensin, Kunci Sok Ukuran 8
3. Rutin Ganti Oli Transmisi CVT : Di dalam CVT terdapat pula susunan gigi transmisi. Agar awet dan berfungsi dengan baik, kamu kudu rutin melakukan penggantian setiap jarak tempuh 10 ribu km. Ternyata olinya nggak harus oli khusus CVT kok, pake aja oli SAE 40 yang juga digunakan sebagai oli pelumas mesin. hanya sebanyak 100cc. Biaya | Lama Pengerjaan : Rp. 5-10 Ribu | 45 menit Perlengkapan : Bensin, Oli, Oben (+) dan Kunci Pas 10
4. Rutin Cek Aki Hindari Korosi : Aki punya peranan dominan buat mendukung kelistrikan, terutama penyalaan mesin dengan bantuan starter elektrik. Sering-seringlah memeriksa kondisi aki. mulai dari ketinggian air hingga kondisi baut +/- nya. Jika lengah, kutub2 dipenuhi kerak pengundang koros. Jika terlanjur bersihkan kerak dengan airpanas secara rutin. Biaya | Lama Pengerjaan : Rp. 5 Ribu | 10 menit Perlengkapan : Obeng (+) dan (-), air panas, dan kuas
5. Perluas Lubang Irigasi Bagasi : Bagasi Mio dilengkapi dua buah lubang kecil di pojok-pojoknya. Lubang ini adalah lubang irigasi yang fungsinya untuk saluran pembuangan air yang terjebak di bagasi. Agar lebih maksimal, perluas lubang ini dengan bor ukuran baut 12. Biaya | Lama Pengerjaan : - | 5 menit Perlengkapan : Bor Listrik
6. Gampang Setel Karbu : Posisi karburator Mio ngumpet dalam bodi, tepatnya dibawah bagasi yang dikelilingi side body dan under seat kover. Nah cara praktis untuk perbesar/perkecil putaran RPM lewat karbu, cukup buka jok lalu buka penutup karet panjang di dasar bagasinya. Setel karbu lewat lubang itu dengan modal obeng doang. Biaya | Lama Pengerjaan : - | 5 menit Perlengkapan : Obeng (+)
7. Jaga Kedap Air Cop Busi :Posisi Busi Mio termasuk sulit dijangkau, selain itu juga posisinya tepat dibelakang lubang anginunder seat kover. Otomatis rentan terkena air dari lubang tersebut. Itu sebabnya cop busi dibuat kedap air dengan dilengkapi bibir karet. Agar lebih oke, jangan ganti ini dengan sembarang cop, selain itu untuk menjaga kekedapannya, gunakan bantuan sealer yang dioles mengelilingi bibir cop busi. Biaya | Lama Pengerjaan : 10 Ribu | 10 menit Perlengkapan : Lem Sealer, Obeng (+)
8. Selamatkan Nomer Mesin : Nomer Mesin Mio terdapat di dinding atas blok CVT, namun sayang posisinya tepat di tepi dinding ban. Otomatis area ini sering ditempa kotoran aik air maupun debu. Agar nggak gampang rusak terjangkit korosi, segera amankan dengan pelapisan pernis Biaya | Lama Pengerjaan : 15-25Ribu | 5 menit Perlengkapan : Cat semprot clear, pen brush atau spray gun, pernis
9. Rawat Kover Plastik Hitam :Orsi-nya, kover Mio nggak seluruhnya menggunakan plastik berlapis cat. Beberapa diantaranya menggunakan bahan plastik berwarna hitam seperti back deck kover, foot board hingga under seat kover. Yang jadi masalah bagian ini susah dibersihkan apalagi keseringan tergores. Tips ampuh murah meriah untuk membersihkan sekaligus menghitamkan permukaannya kembali adalah dengan bantuan semir sepatu. Biaya | Lama Pengerjaan : 5-10 Ribu | 30 menit Perlengkapan : Semir sepatu hitam, sikat semir sepatu,lap pembersih
10. Usir Berisik Cakram : Terkadang cakram Mio mengeluarkan bunyi srek-srek yang diikuti seretnya putaran roda. ini diakibatkan geseran piringan cakram dengan kampas rem. Orsinya separuh bagian kampas rem disisi piston kaliper diganjal plat. Ganjalan separuh ini menyebabkan miringnya keping kampas rem akibat luasan dorongan yang ngga merata dari piston kaliper, lama-lama ketebalan kampas akan berbeda dan seterusnya kemiringan keping kampas akan menggeser piringan hingga mengeluarkan bunyi srek-srek. TIPS : Menangkalnya cukup sederhana kok, yang paling gampang dengan melepas plat pengganjalnya agar permukaan keping plat-nya rata. Tapi kamu kudu nyetel ulang kalipernya agar tarikan tuas rem-nya nggak terlalu dalam. Jika ngga pengen repot, penuhi aja pengganjalnya dengan bantuan tambahan plat tipis yang direkatkan lem besi.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More